Kamis, 08 Mei 2014

Tentang Adapter/PSU, Batre, Arus (mA)

Efek pedal dan multi efek semuanya membutuhkan daya untuk bisa hidup, sumbernya bisa dari Batre atau Power Supply. Tapi yang manakah yang lebih baik?

Power supply menurut saya adalah alternatif bagi pengguna efek pedal yang jumlahnya banyak atau yang memakan daya yang cukup besar agar mereka tidak perlu repot mengganti batre atau menghabiskan uangnya untuk membeli batre. Seperti misalnya efek digital jika hanya menggunakan batre kotak 9v, umurnya maksimal hanya sekitar 4 jam saja, sedangkan efek analog dengan sirkuit simpel seperti Fuzz Face, dengan sebuah batre saja dapat digunakan berulang kali dan bisa berumur sampai satu tahun. Lalu yang mana yang lebih baik? Batre atau Power Supply?

Pertama kita harus memahami dahulu kebutuhan efek-efek yang kita miliki. Alat elektronik membutuhkan Voltase untuk hidup dan mengkonsumsi Arus listrik (Amper). Bayangkan saja alat elektronik itu sebuah perahu di sungai, voltase itu adalah tinggi air dan arus (amper) adalah aliran air. Untuk bisa mengambang perahu itu setidaknya membutuhkan air sungai yang dalamnya lebih dari badan perahu, dan untuk bisa jalan perahu tersebut membutuhkan air yang mengalir di sungai. Seperti itu, jadi selain voltase harus diperhatikan juga arusnya.

Efek stompbox analog rata-rata membutuhkan arus yang tidak lebih dari 30mA, sedangkan efek digital rata-rata membutuhkan arus minimal 40mA. Disini kamu harus menghitung-hitung dulu sebelum menentukan pilihan, dan kamu bisa menemukan berapa banyak arus yang dibutuhkan efek pada manual atau buku petunjuknya.
Digitech Grunge
Boss DS-2


Batre adalah pilihan umum, dan hanya bisa digunakan untuk menghidupkan satu buah pedal. Batre menghasilkan arus DC yang konstan atau murni (voltase yang searah & hanya menghasilkan +9v saja), artinya jika menggunakan batre kamu pasti akan terhindar dari noise seperti yang bisa muncul dari listrik berarus AC. Tetapi masalahnya voltase batre akan menurun seiring dengan penggunaannya sampai akhirnya batre itu habis.

Sedangkan PSU memberikan kepastian di 9v kapanpun selama kamu memasangnya ke stop kontak. Tapi masalahnya adalah arus yang mengalir dari PLN adalah AC, yang berarti voltase itu berasal dari arus bolak-balik +220v dan -220v secara bergantian. Dan proses adaptasi dari arus AC ke DC pasti akan menyisakan noise walaupun hanya sedikit. Dan noise itu bisa masuk ke efek kalian, jika sinyal diperbesar dengan adanya pedal booster, distorsi/overdrive atau kompresor, maka noise juga akan ikut terangkat dan akan terdengar bunyi humming yang semakin jelas, yg bunyinya seperti "Hmmmmm" atau jika parah sampai berbunyi "TREEEETTTT". Untuk masalah noise ini akan saya bahas di tulisan selanjutnya.

Kembali ke topik, yang mana yang terbaik untuk kamu?
Sebelumnya kamu sudah tahu berapa arus yang dibutuhkan oleh efek pedal yang kamu miliki. Dan berikut adalah perbandingan harga dan arus yang bisa dihasilkan, sebagai catatan, "mAh" pada batre berarti adalah kapasitas yang bisa dikeluarkan selama satu jam, misalnya batre kamu 500mAh dan efek kamu membutuhkan 50mA, berarti batre kamu akan sanggup untuk menghidupkan efek dengan rumus: kapasitas batre dibagi konsumsi efek, yang berarti 500mAh : 50mA = 10h, batre kamu sanggup untuk menghidupi efek selama 10 jam.

Berikut adalah perbandingan harga dan kapasitas batre dan daya yang bisa dihasilkan adapter.
Batre Karbon: Rp. 2.000-Rp.10.000 | 400mAh
Batre Alkalin: Rp. 10.000-Rp. 40.000 | 550mAh
Batre NiMH (rechargable): Rp. 25.000-Rp.50.000 | 200mAh
Batre NiCd (rechargable): Rp. 45.000-Rp.100.000 | 120mAh
Batre Li-ion (rechargable): Rp. 80.000-Rp.150.000 | 600mAh
Boss PSA230T: Rp. 250.000 | 200mA
Boss PSA230S: Rp. 350.000 | 500mA
MXR DC Brick: Rp. 1.200.000 | 150mA/output


Lalu berapa buah efek yang bisa dihidupkan dengan satu buah adapter?
Sebenarnya satu buah adapter bisa digunakan untuk menghidupi beberapa buah efek pedal, dengan bantuan daisy chain, asalkan total konsumsi arusnya tidak melebihi kemampuan dari adapter tersebut. Misalnya:
FX1: 20mA
FX2: 10mA
FX3: 60mA
FX4: 100mA
FX5: 5mA
total kebutuhan efek adalah: 20 + 10 + 60 + 100 + 5 = 195mA
yang artinya kamu masih bisa menggunakan adapter dengan kemampuan 300mA dengan daisy chain.


Jadi hitung-hitung dulu sebelum memutuskan kamu mau memakai batre atau power supply. Jangan sampai kamu menggunakan efek dengan konsumsi 100mA (efek full digital) tetapi hanya memakai batre karbon saja, umurnya hanya bisa sampai 4 jam saja, atau bahkan menggunakan 4 buah efek digital tapi kamu hanya menggunakan adapter standar dengan kapasitas 200mA saja. Atau jangan sampai kamu dengan hanya memakai 3 buah efek saja tetapi menggunakan DC Brick karena terlalu mahal. Dan seperti yang sudah saya sebutkan, tulisan ini akan berlanjut ke tips memilih power supply dan cara menanggulangi noise-nya.

27 komentar:

  1. Kalo saya punya efek rata2 9v trus kebeli 1 efek yg 18v sementara powrr supply saya 9v, apakah aman?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan karena itu bisa merusak bagian bagian elektronik pada efek mending saran saya gunakan adaptor sendiri jika tidak beli power supply yang support sama efeknya

      Hapus
  2. mau tanya nih,kl sama2 di 9V tpi beda mAnya tuh aman gasi dicolok ke psu dgn output mAnya lebih rendah atau lebih besar dri si mAnya pedal ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawaban singkat: Kalo voltase (V) harus sama. Tapi kalo arus (mA) minimal sama tapi lebih baik lebih besar.

      Jawaban detil:
      Kalo voltase harus sama, kalo di analog bisa boleh lebih rendah tapi suaranya bakal jelek, kalo di digital voltase rendah bisa merusak IC. Keduanya kalo voltase terlalu tinggi bakal merusak.
      Untuk arus itu nilai konsumsi maksimal, jadi nilai di psu harus seminimalnya di nilai itu, lebih besar lebih baik (psu yg nilainya 1000x lipat lebih besar juga ga masalah), tapi kalo nilainya lebih rendah untuk digital ga bakal nyala.

      Hapus
  3. Mau tanya mas saya rencana mau beli NUX CERBERUS yg butuh arus 9v/500mA (adaptor tidak include) jadi saya harus cari adaptor / psu, solusinya gmna mas? karena saya kalo cari psu rata2 300mA. sedangkan saya mau routing dengan fx lain. apa harus pisah adaptor? atau gmna mas, mohon jawabannya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti kalo saya butuh 9v/500mA tapi saya paksa pake psu 9/300mA itu ga bagus ya mas? kalo iya solusinya gmna?

      Hapus
    2. Kalo efek digital lebih baik jangan, bisa merusak ic kalo kekurangan arus. PSU yg tipe switching banyak kok yg diatas 1A (1000mA), kalo PSU trafo iya paling cuma 100mA-300mA.
      Kalo total arusnya cukup di 1 psu gapapa, tapi untuk mau pisah atau jadi satu psu sih terserah

      Hapus
    3. oh jadi kalo untuk kebutuhan di 500mA dan kita pake yg lebih dari 500mA contohnya 1000mA itu ga masalah mas? atau lebih bagus?

      Hapus
    4. Iya, untuk arus (mA) itu ga masalah atau bahkan lebih besar lebih bagus. Kalo di efek tertulis 9V—500mA, berarti harus pakai yg 9V, dan di arus yg minimal 500mA.

      Yg harus diingat: nilai V harus sama, tapi nilai mA itu nilai minimal (lebih besar lebih baik)

      Hapus
  4. berarti kalo hanya pakai yg pas 500mA juga tidak masalah ya mas aman2 aja kan? atau lebih aman pakai yg lebih? takutnya kalo pake yg minimal itu akan turun tegangan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya sih ga apa-apa, tapi ya untuk jaga-jaga ga masalah, disamping lebih besar lebih baik, juga bisa lebih irit tempat, misalnya pakai yg 1000mA bisa diparalel/daisy chain untuk beberapa efek, ga perlu banyak-banyak psu.

      Hapus
    2. oh gitu mas oke mas terimakasih banyak masukannya sangat berguna, blog nya bermanfaat hehe terimakasih pencerahan dan pengetahuannya sangat memuaskan 🙏😁😁

      Hapus
  5. Mas kalo sy pake adptr psa230s 500 ma, untuk 2/3 efek boss analog sperti equalzr,overdrive,dan sustain apa kah boleh? Tinggal beli daisychainnya. Supaya ga beli powersupply lagi.. maaf mas. Awam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal total konsumsi arusnya ga lebih dari arus yg ada di adapter sih ga masalah. Kalo cuma OD, EQ, & Limiter kayaknya pake yg 150mA juga aman, cek kebutuhan arus si efek dulu & jumlahnya jangan lebih besar dari arus di adapter.

      Hapus
  6. Mas saya punya efek analog 2 merek Behringer semua. Yang satu BeQ700 dan yang satunya lagi bass preamp BDI. Yang saya tanyakan, kalau saya menggunakan 2 adaptor bernilai 9volt 500 mA untuk kedua efek itu dengan di cabang apakah boleh mas? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud saya 1 adaptor di cabang untuk 2 efek.

      Hapus
    2. Asal total konsumsi arusnya ga lebih dari arus yg ada di adapter sih ga masalah

      Hapus
  7. Blognya ngebantu banget :)...


    Oiya mas izin tanya, Saya punya efek POD XT LIVE yg adaptor nya pake yang AC 9v 2A.. Nah pertanyaannya, kalau saya pake adaptor DC, apakah nantinya bermasalah? Soalnya kebetulan efek saya lagi rusak setelah saya ganti adaptor nya yg rusak juga sebelumnya, tapi abis saya ganti adaptor kok dia malah ga keluar suara? Nah.. Disini saya bawa ke tempat service efek gitar, dan katanya IC buffer pod xt live saya rusak. Kata tukang service nya sih bilangnya karena basah (kebetulan saya abis bersihin daleman efek nya pake semprotan chain cleaner, waktu ganti potensio. Kejadiannya jg persis sebelum ganti adaptor). Dan setelah di cek, adaptor yg baru saya beli itu adalah adaptor AC (padahal di toko listriknya saya udh bilang "mau beli adaptor AC, bukan DC". Nah pertanyaan saya adalah:

    1. Apakah adaptor DC ga bisa di pake di efek pod xt live saya yg notabenenya menggunakan adaptor AC? (padahal waktu di colokin sih dia nyala, dan bagian tuner nya bisa ngedeteksi suara senar gitar yg masuk, cm suaranya aja yg ga keluar)

    2. Apakah ada kemungkinan IC buffer saya rusak karena saya sempet colokin adaptor DC itu ke efek saya?

    Mohon dijawab pertanyaan saya mas kalau berkenan yg ngalamin kerusakan 3 kasus di waktu yang beruntun...Hehe... Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  8. Mas saya punya efek boss DD3. Kalau pakai adaptor 9 volt 4 ampere bisa gak?

    BalasHapus
  9. Jika buffer rusak, apa pengaruhnya pada power supply?

    BalasHapus
  10. Bisa ga adaptor 13v kita pakein di fx gitar yg inputannya 9v??

    BalasHapus
  11. mau tanya2 mas.. ini artikel sangat bermanfaat,
    saya punya fx rata2 9v dan mA nya bervariasi.. ada yang 300, 26, 12 dll. Dan total mA nya sudah saya jumlah.. tapi saya pakai yang 18 volt kira2 akan bermasalah ga mas? ...terimakash

    BalasHapus
  12. Mau nanyak gan, kalau supply DC tegangan ny kelebihan mengakibatkan seperti ad yg meletup didalam efek,, kira2 kerusakan nya apa saja ya,, lalu apakah berpengaruh pada sistem IC ny?

    BalasHapus
  13. boleh tanya mas...saya biasa pakai adapter untuk efek saya yaitu dengan kondisi 9v dan 1 A...namun setelah kondisi adapter nya rusak kemudian saya ganti di toko listrik untuk apater 9v dan 2 A...dan setelah dicoba ternyata tidak bisa, namun lampu indikator adapternya hidup...kira2 masalahnya dimana ya mas ? apakah saya hrs cari yang benar2 khusus untuk efek utk 9V dan 1 A ? mohon pencerahannya dan terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  14. Kalo efek 9 volt trus pake adaptor 18 volt kira2 aman ga mas?

    BalasHapus
  15. adaptor saya tertulis 1.0A , itu bedapa ya gan? kok ada "0" nya

    BalasHapus
  16. Saya mau tanyak ini efek saya ada 10 efek semua efek itu 9volt di rata-rata kelistrikan nya tapi kalau sedangkan power supply saya ada 10 ini isolated output apakah 9volt dua efek gitar itu di pasangkan 12volt dan 18 volt tidak apa-apakah ini

    BalasHapus