Selasa, 06 Mei 2014

Perbandingan pedal Wah

Berikut adalah perbandingan wah pedal kelas menengah kebawah yang pernah saya coba. (harga 2jt kebawah tahun 2011-2013)

Crybaby Standard (non fasel): baru sekitar 1.3 jt bekas sekitar sejuta kebawah dikit,
suaranya cocok untuk rock tapi ga cocok untuk clean, suara cenderung agak tipis kasar sedikit tapi oke.

Crybaby Standard (keluaran lama dgn red fasel) atau Crybaby Classic: harga bekas sejuta lebih, barunya 1.8jt
sweep range lebih rendah dan suara harmoni lebih terdengar karena agak ke clip/teroverdrive sedikit secara asimetris, jadi suara lebih vokal, cock untuk segala musik modern.
baik cry baby standard dan classic, suaranya seperti "U-Woo-Ahh" 

Vox V847 (keluaran lama tanpa dc input): harga barunya dulu hampir sama dengan cry baby, sekarang harag bekasnya malah bisa lebih mahal karena kualitasnya jauh lebih baik.
Suara klasik wah yg cocok untuk clean, sweep cenderung tinggi, merupakan revisian dan improve dari wah yang sama dengan yang dipake Hendrix.
kalo ga salah isinya (value komponennya) sama dengan crybaby cuma beda sekitar 2 kapasitor, induktor & potensionya.

Vox V847A (keluaran baru dgn dc input): (baru 800rb)
revisian dari V847 yg diganti dgn komponen SMD + DC input & inductor yg sweep range nya sepertinya blend dari halo inductor dengan yellow fasel, suaranya lebih halus (clean) plus input buffer baru. Suara klasik dan cocok untuk clean, cocok untuk musik2 reggae & ska, karena sweepnya lebar.

Vox V845: (baru 700rb) persis sama dengan Vox Wah tahun 60an, tapi dengan SMD + DC input & inductor yg sama dgn V847. Suara klasik tapi sweep range lebih rendah dari V847 & lebih tinggi dari Cry Baby.
bedanya dengan V847 cuma input stage nya, z-in nya & tanpa buffer.

Morley wah, seri menengah kebawah harganya ada yg ga sampai sejuta
hampir semua wah dari morley sweep frequency nya lebar dari bawah ke menengah keatas, makin tinggi sweep freq nya makin tinggi level suaranya, cocok untuk metal-metalan dgn high gain distortion, karena di sweep rendah levelnya rendah ga bikin nada jadi muddy atau fuzzy. Yang di speknya tertulis "classic sounding wah" itu berarti sweep range nya lebih tinggi, sedangkan yang berbasis power wah sweepnya lebih rendah. Suaranya ciri khas banget, beda daripada yang lain, kalo menurut saya suaranya itu bulat dan vokal.

Behringer: (500rb) Clone dari Crybaby From Hell, tetapi dengan beberapa part (value) yang di ganti, dan tentunya SMD & Induktor standard.

Rocktron: (500rb) Not Recommended

Big AMP: (300rb) Not Recommended

2 komentar:

  1. untuk bujet yg minim, behringer enak dipake?

    BalasHapus
  2. Saya pernah pake Rocktron Classic Wah, sweepnya lebih lebar dari v845. Sekarang pake v847a,paling enak (menurut saya) buat main funk & blues.

    BalasHapus